Rayakan 12 Tahun Rivalitas Ronaldo vs Messi

Rivalitas Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi telah berjalan lama, ya, ternyata. Ternyata sudah 12 tahun kedua pemain tersebut untuk kali pertamanya bertemu. Ronaldo dan Messi pertama kalinya bertemu sebagai lawan di saat Manchester United vs Barcelona berduel tepatnya di leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou. Saat itu tertanggal 23 April 2008 malam waktu setempat atau 24 April dini hari.

Rivalitas Ronaldo dan Messi Sudah Berjalan 12 Tahun

Saat pertandingan tersebut berjalan, Ronaldo masih memperkuat Manchester United sedangkan Messi mulai menjadi andalan terkuat Barcelona setelah megabintang Ronaldinho menjalani musim terakhirnya bersama dengan Blaugrana.

Messi sendiri bermain selama 62 menit sebelum akhirnya ia digantikan dengan Bojan Krkic. Sementara itu Ronaldo bermain penuh saat pertandingan duel itu. CR7 pasalnya membuang peluang emasnya setelah gagal mengeksekusi penalti ketika laga baru berjalan 3 menit saja. Pertandingan berakhir imbang tanpa adanya satu pun gold an MU kemudian dinyatakan lolos ke final Liga Champions setelah menang 1-0 di leg kedua.

Sejak laga itu, total Ronaldo dan Messi bertemu sudah 35 kali di level klub dan tim nasional. Messi sendiri sudah berhasil meraih 16 kemenangan dan berhasil mencetak 22 gol, unggul atas Ronaldo yang mana mengoleksi 10 kemenangan dengan 19 buah gol.

Satu-satunya pertemuan Ronaldo vs Messi ketika mengenakan seragam timnas Portugal dan Argentina terjadi pada tanggal 18 November 2014 di Stadion Old Trafford. Saat itu Portugal menang dengan skor 1-0 lewat gol telat yang disumbangkan oleh Raphael Guerreiro. Terakhir duel Ronaldo vs Messi terjadi ketika El Clasico di Camp Nou pada tanggal 6 Mei 2018. Ronaldo dan Messi sama-sama mencetak gol di laga ini. Dan pertandingan antara Madrid vs Barcelona berakhir dengan skor imbang, 2-2. Dan setelah 2018 itu, belum ada lagi pertemuan Messi dan Ronaldo setelah CR7 memutuskan untuk hijrah ke Juventus.

Ronaldo dan Messi dianggap sebagai rivalitas paling hebat sepanjang sejarah sepak bola dunia. Dan sudah lebih satu dekade terakhir kedua mega bintang sepak bola itu mendominasi penghargaan Ballon d’Or.

Ronaldo vs Messi: Dua Sosok yang Selalu dibanding-bandingkan

Kedua pesepak bola ini memang sudah sering dibanding-bandingkan. Perdebatan antara siapa yang lebih baik antara keduanya masih berlangsung dan tak akan ada habisnya. Keduanya juga sangat fenomenal dan memiliki segudang bakat dan prestasi. Akan tetapi, jika para legenda sepak bola ditanyi soal siapakah sosok pemain bola yang dipilihnya, bagaimana jadinya?

Legenda sepak bola asal Brazil, Pele, memilih Cristiano Ronaldo dibanding Messi sebagai jagoannya. “Pemain togel sgp terbaik di dunia saat ini adalah Cristiano Ronaldo. Saya beranggapan dial ah yang terbaik. Tentu saja kita tak bisa melupakan Messi. Namun ia bukan seorang striker,” itu lah alasan Pele.

Lain halnya dengan Pele, legenda sepak bola asal Argentina, Maradona, lebih memilih Messi. Pemain yang sama-sama berasal dari Argentina ini berpendapat bahwa Messi tak pernah bermain dengan jelek. “Saya tak pernah lihat Messi bermain jelek. Saya lebih memilih Messi… meski demikiaan, Ronaldo adalah pemain berbahaya. Sejarah sepak bola akan terus mengingat Messi,” ucapnya.

David Beckham, pemain bola dari Inggris, lebih memilih Messi. Sedangkan Zinedine Zidane lebih memilih Ronaldo. Pemain Ronaldo Nazario mengucapkan bahwa ia lebih memilih Messi. Jadi, siapa kah yang lebih anda jagokan?