Rekor Buruk Lionel Messi dalam La Liga

Siapa sangka bahwa pemain sekelas Lionel Messi menjadi pemain di La Liga yang paling sering gagal dalam mengeksekusi penalti musim ini. Ia dianggap tak bisa menaklukkan Diego Lopez dari titik putih yang ada di laga leg pertama babak perempat final Copa del Rey tepatnya pada hari Rabu (17/1).

Kekalahan Karena Messi?

Messi sebenarnya memiliki banyak kesempatan untuk membawa klub Barcelona unggul pada menit ke-62 ketika ia bertindak sebagai eksekutor. Akan tetapi sayangnya tendangan Messi ke sisi kiri gawang masih berhasil ditepis oleh Diego Lopez bahkan sangat sempurna.

Dilansir dari CNN Indonesia, kegagalan Messi untuk mengeksekusi penalti ini terpaksa membuat dirinya menjadi pemain yang paling sering mengalami kegagalan mengeksekusi penalti di musim ini. Tercatat dirinya sudah sebanyak 3 kali gagal menjalankan tugas yang diembannya sebagai eksekutor penalti di musim ini dari 6 buah kesempatan yang didapatkannya. Dan yang lebih menarik adalah lagi-lagi Diego Lopez mampu membendung tendangan maut dari sang mega bintang itu. Tercatat Lopez sudah 2 kali berhasil menggagalkan usaha Messi menjebol gawangnya.

Dilansir juga dari CNN Indonesia, secara keseluruhan presentase keberhasilan Messi dalam mengeksekusi tendangan penaltinya bisa dikatakan tidak terlalu bagus. Messi telah gagal sebanyak 21 kali dalam perannya menjadi eksekutor gadis poker dari 86 buah kesempatan yang dimilikinya. Itu artinya presentase keberhasilannya hanya sekitar 75,5% saja.

Kegagalan penalti yang ia dapatkan ini makin terasa sangat menyakitkan karena menjelang 2 menit sebelum laga bubar, tim lawannya, Espanyol berhasil menyarangkan sebuah buah gol. Ia lah Oscar Melendo yang berhasil membobol gawang Barcelona dan bisa mengakhiri pertandingan dengan skor 0-1.

Messi Gagal Mengeksekusi

Hal ini sangat mengejutkan bagi fans sepak bola khususnya fans dari Barcelona. Mereka tunduk di kandang lawannya, Espanyol dengan skor 0-1. Seperti yang sudah disebutkan bahwa seharusnya Lionel Messi bisa memanfaatkan kesempatan mencetak gol penalti pada menit ke-63. Namun tembakannya digagalkan oleh Lopez, sang kiper dari Espanyol.

Ada hal yang menarik selanjutnya yakni Barcelona mengalami kekalahan pertama dalam 29 pertandingan pada musim ini. Sebelumnya mereka cuma kalah dalam ajang Piala Super Spanyol dan saat itu dikalahkan oleh Real Madrid. Namun lain halnya dengan Espanyol. Kemenangan ini adalah kali pertamanya sejak tahun 2009 ketika mereka menang dengan skor 2-1 tepatnya di Camp Nou.

Sebenarnya di laga ini Barcelona biaa dikatakan tampil dominan. Nyatanya menurut pengamatan mereka berhasil menguasai bola sampai 72% dan juga melakukan 16 buah tembakan di mana 4 di antaranya terarah. Espanyol sendiri melakukan 11 buah tembakan dengan 4 yang terarah.

Ernesto Valverde, pelatih Barcelona,  menjadikan Messi sebagai seorang starter. Akan tetapi Luiz Suarez cuma masuk sebagai seorang pemain pengganti. Meskipun mereka kalah, mereka masih mempunyai kesempatan atau peluang untuk bisa lolos ke semifinal. Mereka setelah ini bakal menjamu Espanyol pada laga kedua di tanggal 25 Januari mendatang.

Tentu saja setelah ini para pendukung klub Barcelona berharap Messi bisa tampil lebih memukau dan bisa menjalankan tugasnya degan baik. Para pecinta olahraga mengaku bahwa mereka ingin Messi tak lagi gagal dalam mengeksekusi bola penalti yang sudah jelas di depan matanya. Namun apakah harapan ini bisa menjadi nyata? Kita lihat saja pada laga Barcelona selanjutnya, apakah Messi mampu memperbaiki image nya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *